10 December 2006

Jadi Anda Menderita Kanker?

Saat pertama kali mendengarnya, pasti Anda sekeluarga sangat terpukul, cemas, dan takut. Itu sangat wajar. Saya pun pernah mengalaminya, bahkan berkali-kali. Saat dokter mengatakan ibu saya menderita kanker hati stadium IV. Saat mendengar nenek saya menderita kanker paru-paru. Saat kakek saya menderita kanker nasofaring. Saat ibu mertua saya menderita kanker usus besar.

Sungguh hari-hari panjang yang penuh kegelisahan!

Kata “kanker” bagaikan palu godam yang memukul kita sampai nyaris hancur tak bersisa. Seperti kiamat rasanya. Tetapi tidak. Diagnosa kanker bukan akhir segalanya. Justru itu adalah sebuah awal. Awal perjuangan dan perlawanan kita terhadap kanker.

Tidak seperti 10 atau 20 tahun yang lalu, saat ini dunia kedokteran telah mengalami kemajuan sangat pesat. Walaupun prosedur pengobatan kanker sekilas tampak sama dari tahun ke tahun, berbagai teknik pengobatan baru terus ditemukan, berbagai obat-obat baru yang lebih efektif terus dikembangkan, dan berbagai sarana pendeteksi bekerja semakin canggih sehingga bisa mendeteksi kanker lebih dini dan lebih teliti.

Tidak mengherankan kalau para periset berani mencanangkan pada tahun 2015 kanker bisa disembuhkan secara total seperti halnya flu atau diare :)

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan kalau didiagnosa menderita kanker adalah bangkit dari rasa terpukul, cemas, dan takut itu. Akan sangat membantu kalau Anda bisa bicara dengan seseorang. Keluarga, sahabat, kerabat, atau mantan penderita kanker yang telah sembuh, biasanya otomatis memberikan dukungan ketika tahu Anda menderita kanker. Inilah enaknya jadi orang Indonesia yang rasa kebersamaannya masih sangat kuat.

Saat ini di berbagai rumah sakit rumah sakit besar di Indonesia seperti RS Dr. Soetomo Surabaya atau RS Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta telah disediakan klinik khusus kanker. Di sana ada kelompok relawan yang bekerja sukarela mendampingi Anda selama dirawat di rumah sakit, bahkan bersedia datang ke rumah Anda. Mereka ini biasanya mantan penderita kanker yang telah sembuh, jadi tahu persis apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas kanker di internet. Ada banyak sekali forum atau milis khusus kanker, sebagian bahkan merupakan komunitas khusus penderita kanker jenis tertentu. Di sana Anda bisa bertukar pikiran dengan orang-orang yang mengalami situasi yang sama dengan Anda –jadi lebih bisa memahami Anda–, sekedar curhat, atau belajar dari pengalaman orang lain.

Tips:
Tetaplah tenang, berdoa, dan berusaha. Percayalah pada saya, bahwa Tuhan Maha Menyayangi Anda, dan semua situasi yang menimpa Anda pasti mengandung hikmah baik yang akan Anda syukuri kemudian.

No comments: